Berita Pertumbuhan Ekonomi Philippines Terkini

ekonomi sekarang

Indikator ini banyak didiskusikan oleh para ekonom, analis, investor dan para pembuat kebijakan. Konsensus umum menyatakan bahwa 2, 5-3, 5 persen per tahun pertumbuhan ekonomi cukup untuk memberikan pekerjaan dan pertumbuhan keuntungan perusahaan namun belum cukup untuk tidak menghapus kekhawatiran inflasi yang tidak semestinya. Jika perekonomian baru keluar dari resesi (definisi umum resesi ekonomi adalah dua tahun berturut-turut pertumbuhan PDRB negatif), adalah baik jika angka pertumbuhan ekonomi melompat ke dalam kisaran 6-8 persen. Pertumbuhan di kisaran tersebut menunjukkan bahwa perekonomian sedang tumbuh, namun belum tentu dapat bertahan lama. Sehingga investor akan mencari tingkat jangka panjang untuk menanamkan modalnya.

Setelah melihat besaran yang dihasilkan, untuk gambaran yang komprehensif tentang perkonomian Kota Palangka Raya, maka dapat dilihat lebih dalam pada strukturnya. Struktur Ekonomi menggambarkan komposisi dari berbagai lapangan usaha atau kategori dalam membentuk perekonomian suatu wilayah, dari struktur dapat diketahui lapangan usaha mana yang dominan dalam perekonomian. Pada Tabel 1. 5 halaman 10, dapat kita lihat bahwa besarnya sumbangan Kategori Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan terhadap PDRB Kota Palangka Raya menunjukkan nilai yang rendah, yaitu dibawah lima persen. Hal ini berarti bahwa, ekonomi Kota Palangka Raya tidak bergantung pada sumber daya alam.

Kondisi ekonomi juga diperburuk dengan harga minyak dan gas yang turun di Kisaran USD 30 per barel. BI akan terus berkoordinasi secara erat dalam melakukan langkah tersebut bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan, termasuk memperkuat Protokol Manajemen Krisis.

ekonomi sekarang

Namun demikian kontribusi kategori ini dari tahun ke tahun cenderung menurun. Menurunnya kontribusi Kategori Pertanian ini tidak berarti bahwa NTB yang dibentuk oleh kategori ini menurun, tetapi lebih disebabkan oleh meningkatnya kontribusi pada kategori-kategori lainnya. Peningkatan kontribusi terjadi pada kelompok tersier yang telah disebutkan sebelumnya. Meningkatnya arus barang dan aktivitas ekonomi masyarakat mendorong peningkatan kontribusi kelompok kategori ini. Dalam khasanah ilmu ekonomi pembangunan, ada hal-hal menjadi sangat popular lalu berkembang setelah perang negara 2, Roy F. Harrod dan Evsey Domar misalnya.

Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyebutkan ekonomi Indonesia bisa hanya tumbuh 2, 5 persen atau bahkan 0 persen jika pandemi Corona di RI tak segera diatasi. Dengan adanya corona virus pertumbuhan ekonomi Indonesia pasti berada di bawah 5 persen.

Merujuk laporan perkembangan perekonomian dari kementrian keuangan dan badan pusat statistik. Penerapan langkah-langkah ekstrim tersebut mengakibatkan penurunan ekonomi secara drastis. Permintaan dan penawaran terganggu, sehingga sektor produksi juga mengalami gangguan. Jika hal ini terus berlanjut akan mengakibatkan gangguan stabilitas keuangan juga.

Dua ekonom yang membangun teori masing-masing ini, benar tidak bisa dilupakan pada sejarah. Gagasan dalam aturan Harrod-Domar berfokus dalam 1 pernyataan penting bahwa kunci pertumbuhan ekonomi ada di investasi. Dengan demikian, memiliki ekspektasi terhadap kenaikan pendapatan masyarakat dan kapasitas produktif yang selalu berkait melalui pertanyaan seberapa besar laju kenaikan investasi. Indrawati mengatakan pemerintah tengah menyiapkan incitement ekonomi Jilid III dalam akan difokuskan untuk bezirk kesehatan dan menjangkau jaring sosial. Aliran bantuan di sini. akan disalurkan melalui program-program pemerintah seperti program family harapan, kredit usaha kaum, kredit ultra mikro, kartu sembako, hingga program bantuan pangan non tunai. Tetapi, pemerintah juga bukan semata-mata perlu memperhatikan kesejahteraan penduduk dalam hal ekonomi aja, pemerintah juga harus memperhatikan sisi sosial dan psikologis masyarakat.

Saking mengerikannya dampak global pandemi virus Corona terhadap perekonomian dunia, Dana Moneter Internasional bahkan menyebut pandemi virus Corona berpotensi menimbulkan krisis keuangan terburuk sejak tahun 1930-an. Tentunya berat dan ya saya pikir semua negara mengalami karena memang global tidak mendukung. Memanasnya kembali tendensi dagang dan itu dampaknya sudah kita rasakan dalam dua kuartal terakhir, dimana kinerja ekspor melambat. Bahkan di semester I-2019 kemarin belum memberikan andil ke pertumbuhan ekonomi. Instruksi Presiden juga telah memfokuskan anggaran pemerintah untuk dana kesehatan, bantuan sosial dan medukung usaha kecil menengah. Kemudian biaya perjalanan dinas juga dialihkan untuk pengananan Covid-19.

Untuk saat ini pemerintah menganggarkan 3, 14 trliliun, jumlah ini disalurkan sebesar 2, 06 triliun untuk Alat Pelindung Diri dan alat kesehatan 1, 06 triliun. Selanjutnya kemenkeu meminta supaya anggaran daerah dipergunakan untuk 3 prioritas utama penanganan covid-19. Dari laporan yang diterima oleh kemenkeu bahwa komposisi belanja daerah telah mengalami perubahan dengan adanya penurunan belanja barang atau jasa dialihkan untuk bansos belanja tak terduga. Badan Pusat Statistik telah mengeluarkan data pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan, pertumbuhan ekonomi hanya berkisar pada 2, 97 persen. Penurunan terjadi pada bulan maret dan masih perlu diwaspadai pada bulan berikutnya” kata Srimulyani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *